Cara Menumbuhkan Budaya Kerja Sama yang Baik dalam Tim
Cara Menumbuhkan Budaya Kerja Sama yang Baik dalam Tim
Hello!
nǐ hǎo!
안녕하세요!
Bonjour!
Hola!
Welcome lovely readers!!
Sebelumnya kita sudah membahas tentang budaya kerja pada kemajuan teknologi informasi, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara menumbuhkan budaya kerja sama yang baik dalam tim.
Kenapa sih membangun budaya kerja sama yang baik dalam tim penting dan perlu kita lakukan?
Karena saat bekerja sama, sesulit apapun masalah yang dihadapi, pasti akan lebih cepat terselesaikan dan bisa mencapai hasil maksimal yang diinginkan dibandingkan hanya mengandalkan satu orang saja. Dengan kerja tim kita juga dapat memiliki kesempatan untuk belajar dari anggota tim yang lainnya.
Berikut tips menumbuhkan budaya kerja sama yang baik dalam tim :
1. Tentukan nilai yang ingin diterapkan
Menentukan nilai nilai yang ingin diterapkan dalam tim adalah hal utama yang harus dilakukan.
2. Kenalkan tujuan bersama kepada seluruh tim
Setelah menentukan nilai yang ingin diterapkan, diskusikan dengan anggota tim yang lainnya agar semua mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai.
3. Dorong kebiasaan saling mengapresiasi
Dengan saling mengapresiasi kita menunjukkan sikap menghargai orang lain dan membuat pekerjaan orang merasa dihargai.
4. Dengarkan dengan penuh empati
Manfaat mendengarkan saran dan kritik orang lain akan membuka pikiran dan hati untuk menerima sudut pandang orang lain.
5. Beri contoh nyata
Sebagai pemimpin sebaiknya kita jangan sampai memiliki prinsip NATO (no action talk only).
6. Hargai masukan dari berbagai pihak
Karena tanpa menghargai dan menghormati perbedaan pendapat kita tidak akan bisa hidup rukun dan damai.
7. Belajar dari kesalahan
Dengan belajar dari kesalahan kita jadi dapat lebih berhati hati dalam melakukan sesuatu.
Nah, itu dia tips menumbuhkan budaya kerja sama yang baik dalam tim.
Thanks for reading lovely readers!!
See you!!
Komentar
Posting Komentar