INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE
INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE
Tujuan Pembelajaran
- Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office ( pengolahan kata, pengolahan angka dan presentasi. )
- Membuat Tabel of Content, Embed, dan Mall Merge
- Membuat grafik dengan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel
- Memakai fitur lanjut aplikasi office untuk membuat Hyperlink di Ms. PowerPoint ke Ms world
Apa itu Integrasi?
Tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya.
Definisi Integrasi
Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.
Integrasi
1. Integrasi data
Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.
2. Integrasi sistem
Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
Manfaat Integrasi
- Satu sumber utama
Sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakukan pembaruan.
- Database tertata rapi
Membuat suatu perusahaan akan lebih unggul dari perusahaan lain karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan saingan nya.
- User interface yang lebih konsisten
Dengan menggunakan single plat form yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita akan memastikan kalau setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. Hal ini sangat penting salah satunya untuk menyingkat proses adaptasi karyawan sebagai user dengan sistem yang digunakan tanpa mengalami kebingungan dengan sistem yang berbeda di setiap divisi atau bagian.
4 cara mengintegrasikan aplikasi
1. Pemanggilan prosedur atau function
Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
2. Messagging
Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
3. Sharing database
Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datangnya ke suatu tabel di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
4 File transfer
Adalah mekanisme yang format file dan struktur data di dalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
Integrasi pada aplikasi Ms office
Microsoft office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.
- Microsoft Word
Merupakan aplikasi pengolah kata. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft word. Contohnya membuat surat, tabel, input gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen dan berbagai macam pengolahan data.
- Microsoft Excel
Pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik, dengan Microsoft Excel pengguna dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.
- Microsoft PowerPoint
Berfungsi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi. Selain itu di dalam powerpoint juga terdapat fitur fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi jauh lebih menarik.
Contoh integrasi pada aplikasi Ms office
- Membuat Table of Content pada Microsoft Word
- Linking dan Embed pada aplikasi Microsoft Office
- Membuat surat massal pada Microsoft Word dengan menggunakan database yang ada pada Microsoft Excel atau Microsoft Access
- Membuat grafik pada aplikasi Microsoft Office
L14
Source :
Komentar
Posting Komentar