Budaya Kerja pada Kemajuan Teknologi Informasi
Budaya Kerja pada Kemajuan Teknologi Informasi
Hello!
안녕하세요!
Servus!
Bonjour!
Hola!
Welcome lovely readers!!
Whassup guys??
Guys kenapa sih kita harus bekerja?
Karena bekerja adalah cara untuk kita memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, dalam islam bekerja adalah ibadah. Lalu dengan bekerja kita juga bisa menambah produktivitas, mencari pengalaman, mencari pengakuan dan apresiasi dan bahkan mengumpulkan modal usaha, dll.
Berikut ini sekilas informasi untuk pengetahuan tentang dunia kerja.
Didalam dunia kerja terdapat istilah "budaya kerja".
Apa itu budaya kerja?
Budaya kerja adalah kombinasi sikap, keyakinan, dan perilaku yang membentuk suasana yang mengakar dalam suatu lingkungan kerja. Budaya di tempat kerja yang sehat akan menyelaraskan perilaku karyawan dan kebijakan perusahaan dengan apa yang menjadi tujuan perusahaan secara keseluruhan, tanpa menyampingkan kesejahteraan setiap individu yang berada di dalamnya.
Jenis-jenis budaya kerja
1. Adhocracy culture
Budaya adhokrasi berakar pada inovasi. Budaya adhocracy menghargai individualitas dalam arti bahwa karyawan didorong untuk berpikir kreatif dan membawa ide-ide mereka sebagai inovasi baru perusahaan.
2.Clan culture
Clan culture memiliki penekanan yang kuat pada budaya kolaborasi. Nilai-nilai utama berakar pada kerjasama tim, komunikasi dan konsensus.
3. Hierarchy culture
Budaya ini dibangun di atas struktur dan kontrol yang bersifat dari atas ke bawah. Kepemimpinan didasarkan pada koordinasi dan pemantauan yang terorganisir oleh atasan, dengan budaya yang menekankan efisiensi dan hal-hal yang cenderung repetisi.
4. Market culture
Market culture dibangun di atas dinamika persaingan serta trend yang terjadi pada masa kini. Tipe perusahaan seperti ini memiliki tujuan utama untuk menjadi perusahaan nomor satu di bidangnya.
Lalu bagaimana Budaya Kerja pada Kemajuan Teknologi Informasi?
Teknologi Informasi (TI) atau yang biasa kita kenal sebagai Information Technology (IT) adalah istilah yang sering digunakan dalam hal apapun yang berkaitan dengan peranan teknologi dalam membantu kehidupan manusia untuk menjadi lebih mudah. Misalnya, peranan dalam membuat, mengubah, menyimpan mengomunikasikan atau menyebarkan informasi-informasi penting di dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan menerapkannya teknologi informasi ini pada perusahaan bertujuan agar penerapan dari TI tersebut dapat menghasilkan nilai yang baik bagi perusahaan atau organisasi tersebut.
Dengan penggunaan TI yang tepat untuk perusahaan, maka diharapkan perusahaan tersebut dapat berkembang lebih efisien. Selain itu, dengan adanya TI, Perusahaan dapat mengelola data atau informasi segala apa yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
Contoh penerapan teknologi informasi
1. Sistem otomatisasi
2. Efesiensi
3. Pengambilan keputusan akan lebih cepat
4. Penghematan biaya promosi
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi
1. Mempermudah pemasaran produk.
Ada banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran global atau skala nusantara seperti menggunakan Facebook, Instagram, dan TikTok.
2. Mempermudah mendapatkan sumber produk
Perkembangan TI memungkinkan pedagang mendapatkan produk dengan harga dropship dan harga grosir yang tentu lebih murah daripada harga eceran.
3. Memudahkan Operasional Perusahaan
Teknologi informasi mempermudah pencatatan data karyawan dan tugas operasional lainnya, seperti:
- Absensi karyawan
- Penggajian karyawan
- Penghitungan keuangan perusahaan
- Stok barang
Selain hal di atas masih banyak lagi manfaat lainnya, terutama pada tugas-tugas yang dapat dikelola oleh mesin. Dan tentunya hal ini akan mempermudah pekerjaan manusia.
Performa dan penggunaan mesin-mesin ini juga dapat menekan biaya SDM.
4. Peluang Bisnis
Tak dipungkiri di tengah pesatnya kemajuan teknologi, ada banyak inovasi baru dalam berbisnis.
Manfaat teknologi informasi dalam bisnis
1. Mengurangi biaya produksi
2. Mempermudah kinerja karyawan
3. Peluang bisnis baru
4. Komunikasi cepat
5. Prnebaran informasi dan akses yang mudah
Dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam suatu perusahaan atau organisasi akan mampu menghemat biaya dalam semua aspek seperti tenaga kerja, proses, pemasaran bahkan manajemen.
Thanks for reading lovely reades!!
See you!!
Source:
https://greatdayhr.com/id-id/blog/pengertian-budaya-kerja/
https://zahiraccounting.com/id/blog/teknologi-informasi-perusahaan/
Ini Perbedaan Orang yang Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas. Kamu Yang Mana? | Enervon
Komentar
Posting Komentar